CQU MEMBANTU MENUNJUKKAN POTENSI ENERGI TERBARUKAN QUEENSLAND KEPADA PARA PEMIMPIN JEPANG

CQUniversity Australia telah menjadi tuan rumah bagi konvoi perdagangan Jepang yang bertujuan untuk menunjukkan potensi Queensland Tengah untuk menjadi pemimpin dalam produksi hidrogen dan energi terbarukan.

Sebagai bagian dari kegiatan, CQU memamerkan fasilitas, pelatihan dan penyampaian keterampilan serta kemampuan penelitiannya di kampus Gladstone Marina.

Selain itu, Universitas juga menjadi tuan rumah bagi sekelompok mahasiswa magister Jepang sebagai bagian dari Program Kerjasama untuk program Rekayasa Sumber Daya yang merupakan pendidikan pasca sarjana yang didirikan bersama melalui kerjasama antara Universitas Hokkaido dan Universitas Kyushu.

Para siswa akan menghabiskan beberapa minggu di Queensland di sejumlah universitas. Selama berada di CQU, mereka akan fokus untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang industri lokal, termasuk menghabiskan waktu di tambang lokal dan di Pelabuhan Gladstone.

Sebagai bagian dari konvoi perdagangan, CQUniversity meresmikan penunjukan profesor tambahan dengan Profesor Masakazu Sugiyama dari Universitas Tokyo, yang terkenal secara global sebagai ahli hidrogen dan untuk penelitian dan advokasi transisi energinya.

Pengangkatan Profesor Sugiyama sebagai asisten CQU diharapkan dapat membantu membina hubungan yang lebih kuat, berbagi pengetahuan dan pengembangan penelitian, kolaborasi dan pertukaran.

Profesor Sugiyama telah menyatakan bahwa Gladstone memiliki sejumlah keunggulan alami dalam produksi Hidrogen hijau, dan bahwa wilayah tersebut memiliki potensi untuk memimpin transisi energi, produksi dan ekspor.

Wakil Presiden Associate kampus CQUniversity Gladstone, Bapak Luke Sinclair menyambut baik penunjukan tambahan Profesor Sugiyama dan menjelaskan bahwa penunjukan dan konvoi perdagangan terkait merupakan kesempatan menarik untuk memamerkan fasilitas kampus Gladstone CQU dan kemampuan serta strategi Universitas yang lebih luas dalam hal hidrogen dan energi terbarukan.

CQU Vice-Chancellor Professor Nick Klomp, dan Tokyo University’s Professor Masakazu Sugiyama.

“Kampus CQUniversity Gladstone telah memiliki infrastruktur yang signifikan untuk mendukung pelatihan perdagangan di ruang ini, termasuk Pusat Pelatihan Perdagangan dan Sekolah Manufaktur baru yang sedang dalam tahap akhir konstruksi dan fit-out.

“Kami juga membangun beberapa kemitraan industri utama untuk mendukung terciptanya ekosistem energi bersih di kawasan ini.

“Hidrogen berpotensi menjadi pengubah permainan bagi Australia, serta Queensland Tengah, dengan industri yang berpotensi menghasilkan miliaran dolar setiap tahun sambil juga menciptakan ribuan lapangan kerja,” kata Sinclair.

“Jepang adalah pemimpin yang jelas dalam hal penelitian dan pengembangan dalam transisi energi, jadi kami bersemangat untuk membangun hubungan yang kuat dengan para pemimpin dan inovator industri Jepang.”

Ketua Hidrogen dan Energi Terbarukan CQUniversity, Profesor Murray Shearer mengatakan menjamu delegasi internasional seperti ini merupakan langkah maju yang positif dalam membangun industri hidrogen dan energi terbarukan lokal.

“Queensland Tengah adalah wilayah yang memiliki banyak elemen yang membuatnya sangat menarik dalam hal menciptakan ekosistem energi bersih, termasuk Pelabuhan Gladstone, kedekatan industri besar, dan kondisi cuaca yang cocok untuk menghasilkan energi bersih seperti angin. dan surya.

“CQUniversity memiliki strategi yang kuat dalam hal pelatihan dan penelitian terbarukan yang memposisikan kami sebagai pihak ketiga yang objektif yang dapat melakukan pekerjaan untuk industri dalam hal mengidentifikasi, menguji, dan menerapkan inovasi dan kemudian bekerja sama dengan mereka untuk mengembangkan dan berbagi pengetahuan dalam hal membuat, menggunakan, dan menjual energi bersih,” kata Profesor Shearer.

“CQUniversity juga memiliki rencana untuk mendirikan Pusat Pelatihan Hidrogen yang akan melengkapi infrastruktur yang ada di kampus Gladstone Marina dan memungkinkan kami untuk meningkatkan hasil penelitian dan pelatihan kami termasuk keterampilan dasar, operasi elektroliser, instrumentasi dan kontrol proses serta manufaktur lanjutan.

“Saya menyambut minat berkelanjutan dari pemangku kepentingan internasional yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang kawasan ini dan bagaimana CQUniversity dapat berperan dalam industri energi bersih di Central Queensland.”

Tak Adachi, Komisaris Perdagangan dan Investasi Jepang di Trade and Investment Queensland (TIQ) terkesan dengan visi CQUniversity untuk mendukung pengembangan industri energi bersih di Gladstone dan mengatakan bahwa dia mendukung membangun hubungan kolaboratif yang lebih kuat dalam hal penelitian dan kolaborasi .

“Jepang berkomitmen untuk transisi energi dan menjajaki kolaborasi internasional yang akan mendukung ini.

“Kami terkesan dengan pekerjaan CQUniversity di bidang ini dan kapasitasnya dalam hal penelitian, kemitraan industri, dan pelatihan keterampilan untuk mendukung munculnya teknologi baru,” kata Adachi.

“Sangat menyenangkan untuk menghubungkan CQUniversity dengan peluang ini dan TIQ berharap dapat bekerja sama dengan Universitas dalam mengembangkan kemitraan lebih lanjut di masa depan.”

 

Translated from “CQU Helps To Showcase Queensland’s Renewables Potential To Japanese Leaders” accessed 20 September 2022,

<https://www.cqu.edu.au/cquninews/stories/engagement-category/2022-engagement/cqu-helps-to-showcase-queenslands-renewables-potential-to-japanese-leaders>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *